Pentingnya Membangun Toko Online dari Sekarang

Nov 1, 2017 | Insight

131575381

Anda sudah mempunyai toko offline ? Saat yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda melalui bisnis online. Untuk memasuki bisnis online bisa melalui berbagai cara, bisa melalui social media, pemain e-commerce seperti tokopedia, bukalapak atau bisa dengan membangun toko online Anda sendiri.

Memiliki toko online dengan nama bisnis Anda sendiri memiliki beberapa kelebihan, seperti kredibilitas perusahaan yang terlihat profesional dan bisa melakukan promosi marketing secara langsung ke toko online Anda. Selain itu, ada juga berbagai alasan lainnya. Berikut ini ulasannya. 

Tingginya pengguna internet di Indonesia

Pengguna internet di Indonesia mencapai 80 juta pengguna di tahun 2016, ini 30% dari total penduduk di Indonesia dan tentunya akan terus meningkat setiap tahunnya. Jika dihitung 0,1% dari total jumlah pengguna internet dan didukung marketing yang handal, 80.000 orang bisa saja mengunjungi toko online Anda. Menarik bukan?

Kecepatan internet yang semakin cepat

Dengan kecepatan rata – rata kecepatan internet 1.7 mbps untuk broadband dan banyaknya provider untuk telepon genggam yang menawarkan servis LTE / 4G. Sekarang untuk membuka website toko online yang notabene produknya mencapai ribuan, tidak menjadi masalah.

Pembayaran yang terpercaya

547017289

Sekarang metode pembayaran di toko online sudah sangat mudah dan terpercaya. Ada puluhan vendor di Indonesia yang menawarkan cara pembayaran dengan berbagai macam metode sehingga memudahkkan dan dipercaya oleh customer. Dan juga dari sektor perbankan tidak ketinggalan turut serta meramaikan metode pembayaran untuk bisnis e-commerce, seperti Sakuku dari BCA yang baru – baru ini diluncurkan.

Baca juga: Pembayaran Bisnis E-commerce Masih Didominasi Bank Transfer 

Toko offline yang tidak merata

Ya, Toko offline di Indonesia tidak merata, terutama untuk brand dengan nama – nama besar yang hanya berada di kota – kota besar. Hal ini sangat membuka peluang Anda untuk membuka toko online, karena Anda bisa memperluas pasar penjualan sampai ke seluruh Indonesia bahkan Internasional. Berdasarkan data dari CLSA, 66% penduduk di luar Jawa rela untuk membelanjakan uangnya Rp 250.000 lebih banyak di toko online dibanding orang yang tinggal di Jawa. Hal itu disebabkan tadi, ya karena toko offline yang mereka inginkan hanya berada di kota – kota besar.

Biaya yang lebih hemat

Membangun toko online terkesan mahal. Nyatanya fakta ini perlu dibandingkan saat Anda membangun toko offline, sewa tanah ? Renovasi ? Furniture ? Gaji pegawai ? Belum lagi biaya marketing. Berapa besar modal yang Anda butuhkan.?

Untuk membuat toko online, Anda hanya perlu menyiapkan website yang scalable. Tentunya dengan memilih partner yang tepat seperti 8Commerce, maka toko online Anda akan menghasilkan profit.

Banyaknya jumlah populasi anak muda

641187192

Populasi di Indonesia yang mencapai ratusan juta, 51% nya diisi oleh anak muda yang berumur di bawah 30 tahun. Tentunya anak muda ini lah yang sering menggunakan internet dan suka untuk berbelanja di toko online.

Baca juga: Ingin Membuat Toko Online Gratis? Coba 7 Tool E-commerce 

 

Recent Post

5 Good Reasons You’d Better Outsource Your Warehousing

Nothing is better than seeing your business growing. Sometimes it even grows bigger than expected that it gives you a headache when it comes to warehousing.  Yes, once you increase your production to fulfilll the increasing demands, you won’t have enough warehouse...

8Commerce Continues to Facilitate Vaccination for Their Employees

With the number of active Covid-19 cases still high and continuing to affect the economy worldwide, vaccination has become esensial. While it doesn’t immediately and directly kill the virus and end the pandemic, vaccination is proven to be efficient to reduce the risk...

4 Low-Budget (Even Free) Marketing Ideas for Your Business

Marketing is one of the most important things to pay attention to when you’re running a business. You need it to introduce your business to your target audience. You need it to grab your potential customers’ attention. And you need it to make sales.   But let’s get...

3 Cara Meningkatkan Mobile Conversion Toko Online

Pengguna perangkat mobile yang terus tumbuh besar di tahun 2016, tentu akan membuat banyak orang untuk mengakses toko online melalui telepon genggam mereka dibandingkan melalui desktop. Dan saat ini Anda-pun sudah tidak bisa lagi untuk mengabaikan toko online untuk...

Berikut Ini 3 Hal Penting dalam Manajemen Pemasaran E-commerce

Pemasaran situs e-commerce adalah kunci utama bagi sebuah perusahaan mendapatkan keuntungan. Pemasaran di Indoensia sendiri dapat dilakukan dengan berbagai metode, tapi jika tahapan tersebut tidak dapat dilakukan dengan baik maka akan gagal. Oleh karena itu, penting...