10 Tanda Dimana Website Anda Harus Diperbaiki

Nov 15, 2016 | Uncategorized

website under construction
Kehadiran website-website canggih juga menarik sudah bukan hal tabu dijaman yang semakin modern ini. Bahkan tidak sedikit pemain bisnis e-commerce mengatakan bahwa sekarang mereka bukan hanya sekedar membutuhkan sebuah website, akan tetapi mereka juga membutuhkan website yang dirancang dengan baik, memiliki navigasi yang mudah, dan desain yang menarik. Oleh karena itu, banyak yang selalu melakukan perbaikan pada websitenya masing-masing. Selain untuk meningkatkan fungsi dari website tersebut, hal ini dilakukan juga untuk terus memperbarui desain sehingga tidak monoton.
Namun bagaimana cara mengetahui bahwa website yang Anda sudah memasuki waktu dimana harus diperbaiki? Apakah website tersebut memiliki navigasi yang mudah? Diartikel ini kami akan membahas 10 tanda dimana website yang Anda miliki harus diperbaiki.

  1. Website Anda Belum Menerapkan Layout yang Responsif

Menurut survei yang ada, lebih dari 20% dari pencarian melalui Google dilakukan pada perangkat mobile, bahkan diperkirakan setengah dari penduduk didunia akan menggunakan internet melalui ponsel ataupun tablet (perangkat mobile) mereka pada tahun 2020. Dengan hasil survei tersebut telah membuktikan bahwa akan semakin banyaknya pengguna internet yang lebih memilih mengakses website melalui perangkat mobile yang mereka miliki.
Tentunya Anda tidak ingin kehilangan pangsa pasar atau kalah saing dengan kompetitor hanya karena Anda lambat dalam beradaptasi dengan tren mobile browsing. Hal itu menandakan bahwa Anda perlu mengoptimalkan website yang Anda miliki sesegera mungkin, sehingga dapat memiliki layout yang responsif untuk perangkat mobile.

  1. Masih Menggunakan Flash

Sangat disayangkan jika situs Anda masih menggunakan software yang dahulu sering digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar didalam website seperti Adobe Flash atau yang dikenal Marcomedia Flash. Karena hal tersebut menandakan bahwa website yang Anda miliki telah usang dan sangat amat tertinggal.
Tidak hanya iOS dan Android, tapi mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing pun juga tidak dapat membaca. Selain tidak dapat dibaca, pengguna harus mengunduh plugin untuk dapat membacanya, flash pun sulit untuk digunakan, dan sulit untuk membuat serta sulit mempertahankannya.
html5-website maintenance
Yang sekarang digunakan oleh banyak website canggih dan modern adalah HTML5. Dengan menggunakan HTML5, pengembang website atau developer akan lebih mudah membuat fitur-fitur bahkan bisa menyediakan fitur audio dan video dalam website. Tidak hanya itu, dengan menggunakan HTML5, akan membuat website Anda kompatibel dengan semua browser dan jenis perangkat mobile.

  1. Peringkat Pada Mesin Pencarian Sangatlah Rendah

Keywords yang tepat sangat berpengaruh pada peringkat website Anda dalam mesin pencarian. Banyak website yang telah mengoptimisasi mesin pencarian untuk website mereka melalui konten berkualitas tinggi yang orisinil, serta memasukan keywords ke dalam konten yang mereka miliki dengan kata-kata yang sering dimasukan oleh pengguna untuk mencari sesuatu didalam mesin pencarian. Sehingga website yang mereka miliki berada di peringkat atas mesin pencarian. Semakin banyak keywords yang dimasukan didalam konten, semakin tinggi pula peringkat website tersebut didalam mesin pencarian.
Jika website yang Anda miliki mengalami penurunan atau memang berada di peringkat bawah dalam mesin pencarian, itulah pertanda waktunya Anda harus melakukan perbaikan pada website Anda. Memasukan keywords yang tepat kedalam konten yang Anda miliki, bisa menjadi alat untuk memperbaiki peringkat Anda dalam mesin pencarian.

  1. Tidak Ada Peningkatan Pengunjung atau Bouncing yang Tinggi

Jika dari hasil analisis pada website Anda menunjukan tingkat bouncing yang tinggi, dalam arti kata lain banyak sekali pengunjung yang masuk ke website Anda tanpa menjelajahi website Anda lebih lanjut, selain itu tidak adanya kenaikan pengunjung didalam website Anda. Hal tersebut bisa disebabkan karena tampilan website yang kurang menarik, sitemap pada website kurang jelas, dan website yang berat ketika diakses.
Jika tidak ada peningkatan pengunjung atau tingkat bouncing yang tinggi, berarti website yang Anda miliki perlu perbaikan, tim desain dan pengembang website Anda harus bekerja sama dalam mengubah desain yang lebih baru dan memetakan sitemap pada website Anda, agar website yang Anda miliki tidak memiliki tingkat bouncing yang tinggi dan peningkatan dari pengunjung website bisa terjadi.

  1. Tampak Usang dan Tidak Menarik

Tren website dengan desain-desain yang sangat menarik dan beragam sudah semakin berkembang. Selain bersaing dengan fitur yang mereka sediakan seperti navigasi yang mudah, para pemilik website juga berlomba-lomba menyediakan desain yang menarik dan juga unik untuk website mereka.
Jika situs Anda memiliki navigasi yang berantakan dan desain yang terlihat usang, maka saatnya Anda untuk melakukan perbaikan dengan cara re-desain atau mendesain ulang tampilan yang monoton menjadi tampilan yang lebih up to date dan fresh. Karena menurut survei, 94% orang mengatakan bahwa website dengan navigasi yang mudah dan desain yang menarik serta unik akan lebih dapat dipercaya.
 

  1. Loading yang Lambat

Hampir setengah lebih pengunjung mengharapkan halaman website dapat dimuat dalam 2 detik atau kurang dari 2 detik, dan sebesar 40% pengunjung pergi meninggalkan halaman website yang memakan waktu lebih dari 3 detik untuk memuatnya.
200332173-001
Anda tidak hanya memiliki risiko pengunjung meninggalkan website Anda, tetapi itu juga akan berpengaruh pada peringkat Anda di mesin pencarian. Jika website yang Anda miliki lambat, Anda tahu bahwa harus dilakukan perbaikan pada website Anda.

  1. Memaksakan Perkembangan Website Tanpa Memperdulikan Isi di Dalamnya.

Website yang Anda miliki berjalan dengan baik pada tahun 2014, namun tidak menutup kemungkinan jika pada tahun 2017 website tersebut tidak berjalan dengan baik atau bahkan tidak terurus dan susah untuk dinavigasi oleh para pengunjung. Hal tersebut sering terjadi dikarenakan oleh pemilik website yang terus mengembangkannya tanpa perduli isi yang ada didalam website tersebut.
Dengan Anda memaksakan perkembangan seperti itu akan menghasilkan navigasi yang terlalu panjang, gambar yang ditampilkan terlalu banyak atau bahkan mesin pencari pun susah untuk menemukan Anda. Selain itu, Anda tidak memiliki ruang untuk menempatkan calls to action, pengunjung juga dapat kesulitan menemukan halaman dan konten yang relevan untuk mereka. Disini Anda harus memperbaiki website Anda.

  1. Merubah Tema yang Anda Gunakan Tanpa Merubah Desain yang Ada di Website.

Kesan pertama dan pengalaman pengunjung di website Anda sangatlah penting untuk bisnis yang Anda miliki. Merubah tema dari merek Anda sah-sah saja, namun hal yang perlu diingat adalah Anda juga harus memperbarui desain yang ada di website Anda sesuai dengan tema yang Anda gunakan. Agar tidak ada pengunjung yang bingung mengapa tema dan desain yang baru tidak dihadirkan didalam website Anda.
web design
Jika tampilan, tema dan nuansa desain dalam website tidak sesuai dengan tema yang Anda gunakan sekarang, itu pertanda bahwa Anda harus memperbarui desain yang Anda miliki dengan tema baru yang Anda gunakan.

  1. Kesulitan untuk Meng-update Konten

Sistem manajemen konten (CMS) telah ada selama bertahun-tahun, sehingga saat ini sudah semakin mudah untuk mengelola konten yang akan diberikan didalam website tanpa menggunakan kode apapun. Ketika menggunakan CMS didalam website Anda akan terkendali dan mudah untuk diperbarui, meng-update, dan mengelola konten-konten yang ada.
Perbaikilah website yang Anda miliki dengan sistem manajemen konten (CMS) agar Anda dapat dengan mudah memperbarui, mengunggah, dan mengelola konten ke website Anda.

  1. Tidak Adanya Promosi Tentang URL Website Anda

Website adalah investasi dalam keberhasilan masa depan bisnis online Anda. Desain dan konten yang begitu hebat serta berkualitas akan sia-sia adanya jika tidak ada yang mengetahui keberadaan dari website yang Anda miliki.
Mempromosikan URL website Anda sama saja dengan Anda telah memperbaiki dalam arus pengunjung website yang Anda miliki sekarang. Dengan promosi yang dilakukan, diharapkan website Anda akan lebih dikenal oleh orang banyak.
8Commerce sebagai e-commerce developer Jakarta
8Commerce sangat mengerti bahwa mengelola suatu website bukanlah hal yang mudah, memperbaiki suatu website dibutuhkan keterampilan dan keahlian yang cukup tinggi agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai salah satu e-commerce developer Jakarta, 8Commerce menyediakan jasa untuk membangun website menjadi lebih baik tentunya dalam mengembangkan desain, fitur, konten, promosi website, maupun optimisasi mesin pencarian (SEO) dengan orang-orang yang ahli dalam bidang ini.
Kami berharap dengan artikel ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki website yang ada sekarang dan juga bisa ditanggani dengan baik. Sehingga tidak ada lagi halangan untuk Anda dalam bersaing dengan para kompetitor bisnis e-commerce lainnya.
Perbaiki website e-commerce Anda dengan kami, sekarang! (www.estore.8commerce.com)

Recent Post

How to Use Social Media to Boost E-Commerce Conversions

Indonesia has around 170 million active social media users, the largest after China and India. This makes social media among the leading avenues for you to market and advertises your products and services. With such a big user base, you will be able to reach many...

How to Upsell and Cross-Sell on Your Online Store

Cross-selling and upselling increases your average order value, creating revenue and profit at very low incremental cost and most importantly build upon your relationships with your customers. Here you can learn more about these two fantastic techniques. What is...

When is the right time to outsource your fulfilment needs?

It is very common for scaled-up businesses and small and mid-sized enterprises (SMEs) to bring their operations in-house as a starting point, but as the business grows, pain points start to show. For example, making the tough decision of whether it’s more beneficial...

A beginner’s guide to fulfilment

If you are just starting an online business or you’ve been selling online for a while, you’ve probably thought about how to send your orders to your customers and what packaging you are going to send it in. Or you might be considering streamlining your fulfilment...

The history of e-fulfilment center

In this article, we are going to learn about the interesting evolution from traditional warehouses to the modern e-fulfilment centers and the role they play as the logistics nerve center of E-Commerce. Fulfillment centers have been revolutionizing the way business is...

Getting to know WMS and OMS, the backbone of e-fulfilment center

As online businesses grow in size and sophistication, they require two essential systems: an order management system (OMS) to manage front-end order processing and a warehouse management system (WMS) to manage back-end order fulfillment. Eventually you’ll need tight...

5 Tips to improve your e-commerce site

5 Tips to improve your e-commerce site Whenever they are browsing online, regardless of whether it’s to buy a product/service or research something, prospective buyers often pay attention to the website’s layout. If a particular website’s design is clunky and...

Choose the right fulfilment center. Follow these guides!

A fulfillment center is often referred to as a third-party logistics (3PL) provider. Some people think a fulfillment center and warehouse serve the same purpose, which is not the case. Fulfillment centers have bigger functions than warehouses. The main role of a...